' Simply And Enjoy's : Mounting Filesystem over SSH

INTERLINKPPOB.NET PELUANG USAHA LOKET PPOB GRATIS SPANDUK PPOB & STRUK PPOB

Kamis, 01 Juli 2010

Mounting Filesystem over SSH

salah satu keunggulan MacFuse yang bisa menjembatani NTFS-3G sehingga kita mampu menulis pada partisi NTFS, sekarang akan dibahas keunggulan lainnya, yaitu mengambil file sharing yang berada di komputer lain melalui SSH.
Hampir seluruh komputer terutama komputer server yang berbasis BSD, UNIX, GNU/Linux bahkan windows ada SSH SERVER, terus apa hubungannya dengan sshfs ? sshfs kepanjangan dari (Secure SHell FileSystem) yang merupakan sebuah filesystem di system (linux, MacOs dll) yang menggunakan FUSE, gunanya adalah kemampuan untuk mengambil/meletakkan file maupun folder melalui ssh ke komputer lain di jaringan.

kebutuhan paketnya :
1. bagi sobat AMC yang suka dengan terminal, silahkan mencoba sshfs yang dibuat oleh Takayama Fumihiko, setelah di install, buatlah folder baru untuk menampung mounting filesystem.
$ mkdir -p sshfs/nama_komputer_nya
$ /Applications/sshfs/bin/mount_sshfs avudz@ipkomp:/directory sshfs/nama_mounting
selanjutnya, sobat AMC sudah bisa melalukan upload maupun download terhadap data yang ada diserver tersebut, jika sudah selesai, silahkan un-mount kembali dengan perintah :
$ umount sshfs/nama_mounting
2. bagi yang suka GUI, silahkan baca artikel ini, berikut gambar-gambar jika menggunakan GUI, ya semua kembali ke masing-masing, suka CLI atau GUI ?



 [Images] Courtesy : lifehacker.com Download Software PPOB Interlink 2014


Artikel Terkait or related articles:

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

Tidak ada komentar: