' Simply And Enjoy's : Mengenal Nokia OVI Suite

INTERLINKPPOB.NET PELUANG USAHA LOKET PPOB GRATIS SPANDUK PPOB & STRUK PPOB

Kamis, 01 Juli 2010

Mengenal Nokia OVI Suite

Bagi temen-temen pengguna ponsel Nokia, Nokia PC Suite adalah software yang sudah tidak asing lagi. Dengan Nokia PC Suite, kita bisa melakukan backup dan mensinkronkan data yang ada di ponsel Nokia dengan PC. Selain itu dengan PC Suite kita bisa mengatur data-data yang ada di dalam ponsel Nokia kita.
Selain Nokia PC Suite, ada juga software lain yang ditawarkan Nokia yang dapat digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi PC Suite di atas, yaitu Nokia OVI Suite. Nokia OVI Suite sendiri menurut informasi yang ada di website Nokia akan menjadi satu-satunya aplikasi PC (apakah ini berarti Nokia PC Suite tidak akan dilanjutkan lagi pengembangannya, tidak dijelaskan lebih lanjut oleh pihak Nokia). Tetapi yang jelas Nokia PC Suite dan Nokia OVI Suite bisa diinstall bersama dalam satu PC, sedangkan untuk penggunaannya hanya bisa salah satu (tidak bisa dijalankan bersama-sama).
Seperti apa sebenernya Nokia OVI Suite tersebut, berikut informasi singkatnya (di sini saya menggunakan Nokia N82).

Nokia OVI Suite akan berfungsi secara maksimal jika terhubung dengan internet, karena Nokia OVI Suite ini berhubungan dengan ovi.com. Dengan Nokia OVI Suite kita tidak hanya mensinkronkan data dari ponsel Nokia ke PC, tetapi juga mensinkronkan ke akun kita di OVI.com. Kita bisa membuat akun di ovi.com secara gratis, dan akun ini juga yang kita gunakan untuk login ke Nokia OVI Suite. Ponsel yang didukung Nokia OVI Suite ini sendiri cukup banyak mulai dari ponsel CDMA lama seperti Nokia 2112 sampai ponsel GSM model baru N97 atau Nokia X6), untuk lebih detil bisa dilihat di website Nokia.
Seperti telah saya informasikan di atas bahwa Nokia OVI Suite memiliki kemampuan sama dengan Nokia PC Suite dalam melakukan pengaturan data, mulai dari data Contact, Photos, Messaging, Maps, Musics, dan Update. Yang jelas terlihat membedakan antara Nokia OVI Suite dan Nokia PC Suite adalah tampilan visual dari Nokia OVI Suite yang lebih mudah untuk dipahami dan digunakan (ini menurut saya lho), karena semua ada dalam satu panel, berbeda dengan Nokia PC Suite yang memiliki panel sendiri untuk setiap fiturnya.
Untuk menu Contact, data yang ditampilkan adalah data contact yang ada di dalam OVI Suite dan di dalam ponsel Nokia, di sini kita bisa mensinkronkan data tersebut dan juga mengeditnya. Saat kita melakukan sinkronisasi, kita akan ditawarkan apakah ingin mensinkronkan juga dengan database akun kita yang ada di ovi.com.
Menu Photos sendiri berkaitan dengan data foto dan video, sinkronisasi data foto dan video secara default akan disimpan pada folder My Pictures dan My Videos (My Documents yang ada di PC).
Sedangkan untuk bagian Messaging, selain melakukan sinkronisasi database inbox, sent, dan draft dari ponsel Nokia ke PC, kita juga bisa melakukan pengiriman pesan melalui Nokia OVI Suite ini, untuk tampilan visualnya seperti kita melakukan chat.
Untuk ponsel Nokia yang memiliki fasilitas GPS di dalamnya juga bisa melakukan update map (peta) melalui Nokia OVI Suite ini, selain dengan Nokia OVI Suite, update data map dan versi Nokia Map yang ada di ponsel Nokia juga bisa menggunakan Nokia Map Uploader (aplikasi terpisah).
Masuk ke menu Musics pada Nokia OVI Suite, di sini kita bisa mensinkronkan koleksi lagu yang ada di ponsel Nokia dengan di PC (masuk ke My Musics pada My Documents),  sekaligus kita bisa membuat playlist lagu sesuai keinginan kita.
Menu Update sendiri berfungsi untuk melakukan cek dan update jika update versi terbaru baik itu untuk software Nokia OVI Suite-nya sendiri maupun firmware dari ponsel Nokia yang terhubung dengan Nokia OVI Suite (untuk ini diperlukan koneksi internet karena langsung berhubungan dengan server Nokia).
Itu tadi sekilas beberapa fitur dan fungsi yang ada pada Nokia OVI Suite, fungsi dan fitur tersebut dapat diatur melalui menu Options (melalui menu Tools), di situ kita bisa mengatur bagaimana prosesn sinkronisasi berlangsung, dan kemana file sinkronisasi akan disimpan.
Download Software PPOB Interlink 2014


Artikel Terkait or related articles:

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

Tidak ada komentar: