' Simply And Enjoy's : Prediksi Desain Grafis 2010

INTERLINKPPOB.NET PELUANG USAHA LOKET PPOB GRATIS SPANDUK PPOB & STRUK PPOB

Sabtu, 26 Juni 2010

Prediksi Desain Grafis 2010

2009 sebentar lagi akan meredupkan sinarnya, dan 2010 akan datang menggantikan. Satu tahun telah berlalu, tanpa sadar kita mulai merefleksikan hal-hal apa saja yang kita sudah lakukan pada tahun 2009 ini, seberapa jauh kita sudah berjalan, dan seberapa siap kita menyambut sinar yang baru.

‘Babak’ selanjutnya memang selalu membuat kita penasaran, apakah akan terjadi sesuatu yang menarik? atau hanya berlalu begitu saja? Lalu bagaimana dengan dunia desain grafis?
Berikut beberapa hal yang saya prediksi akan menjadi tren pada tahun 2010, berdasarkan kejadian yang terjadi pada tahun 2009 ini (memprediksi itu mengasyikan!). Jangan di anggap terlalu serius karena yang namanya prediksi tentu bisa terjadi, bisa juga tidak,

  • EFEK CAHAYA DAN TITIK JENUH
Setelah hampir 4 tahun berjaya dan populer di kalangan desainer muda, maka di tahun 2010 efek ini akan menjadi sesuatu yang biasa saja. Kenapa? Karena hampir semua desainer bisa melakukannya! baik lokal dan internasional, kita sudah sering sekali melihat efek ini. Walupun pada beberapa kasus tetap memukau, tetapi.. ayolah, mau sampai kapan tren ini terus berlanjut?

  • ZOMBIE + WARNA MENYALA+T-SHIRT = KONSUMSI MASSA
Tren ini masih akan terus bertahan, hanya perbedaan nya, kamu akan melihat ’semua’ orang akan memakai tshirt dengan desain seperti ini. Zombie, Vampire, Hantu, Sadis, Darah, Pink, Toxic Green, Striking Cyan merupakan sedikit dari beberapa kata kunci yang mewaikili tren desain ini. Sesuatu yang tadinya hanya beredar di kalangan early adopters, akan menjadi konsumsi massa.
  • MANIPULASI FOTO TETAP TERPOPULER 
Sudah natur kita sebagai manusia kalau kita sangat senang melihat hal yang surealis imajinatif. Sebagai contoh, tangan yang di ‘poles’ menjadi seperti akar pohon, dan sebagainya. Selama dilakukan dengan benar tentu tetap dapat di nikmati. Alasan kenapa tren ini tetap populer adalah pada talenta yang melakukan nya, tidak banyak memang yang bisa memanipulasi foto dengan halus (saya sendiri termasuk yang tidak bisa), dan sekali talenta-talenta itu melakukan nya maka hasilnya akan tetap menakjubkan.


  • GAYA DESAIN MINIMALIS TETAP MENJAMUR
Sejak pertengahan tahun 2007 hingga penghujung tahun ini kita selalu merasa terpukau dengan desain yang maksimalis, yang penuh dengan detil. Pada 2010, kita semua menjadi jenuh. Kompleksitas suatu karya tidak lagi menjadi hal yang membuat kita secara tidak sadar membuka mulut setengah ketika memutar scroll pada mouse. Desain yang minimal dan penuh arti akan menjadi pelarian yang dilakukan desainer yang tadinya berkutat dengan desain maksimalis.
  • ELEMEN BUDAYA LOKAL LEBIH BANYAK DIANGKAT
Entah kenapa kita tiba-tiba merasa bangga akan kebudayaan kita sendiri (kenapa tidak dari dulu?). Makin derasnya arus informasi, membuat kita mencari hal-hal yang belum di gunakan oleh kebanyakan orang lain. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan elemen budaya lokal pada desain yang kita buat. Selain selalu memperoleh feedback yang positif, ini merupakan suatu cara kita menemukan gaya desain yang “Indonesia Banget!” itu.
  •  BLOG DESAIN/KREATIF LOKAL BERMUNCULAN
 Semakin terjangkaunya koneksi internet di tahun 2009 ini, membuat sebagian besar kita bisa mengakses informasi desain dengan mudah. Yang kurang hanya satu, konten/informasi desain dengan bahasa lokal yang masih jarang. Hal ini membuat sebagian desainer meluangkan waktu nya untuk menulis di blog (baik pribadi atau berkelompok) yang secara tidak langsung menjadi cara mem-branding-kan diri mereka di dunia maya.
  • PROFESI DESAINER WEB MENJADI LEBIH POPULER
Era internet menjadi lebih menarik di Indonesia, dan hey.. internet bahkan bukan hal yang aneh lagi. Profesi desainer web menjadi lebih di perjelas, desainer web itu ternyata bisa di bagi menjadi 2, desainer interface/tampilan website dan programmer/coder. Akan banyak desainer print (atau yang sebelumnya tidak terlalu familiar dengan web design – karena mengira akan berurusan dengan code) mempelajari desain web dan mulai berganti haluan menjadi web designer karena kebutuhan pasar yang sudah mulai menganggap internet sebagai salah satu media mainstream.
Dari semua poin di atas mana yang menurut kamu kemungkinan besar akan terjadi?

Sumber :Jurus Grafis


Download Software PPOB Interlink 2014


Artikel Terkait or related articles:

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  
Posting Komentar