I. Butir-Butir Penting yang Terdapat di dalam Dokumen Kurikulum 2004
Kerangka Dasar
A. Kata Pengantar dan Landasan
- Penyempurnaan kurikulum merupakan salah satu upaya untuk
mutu pendidikan. (Depdiknas, 2003a, h. i)
kesejahteraan semua warga Negara Indonesia. (Depdiknas, 2003a, h. i)
3.penyempurnaan untuk mewujudkan masyarakat yang mampubersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman tersebut.(Depdiknas, 2003a, h. 1)
4.peningkatan mutu pendidikan yang harus dilakukan secaramenyeluruh … yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku,pengetahuan, keterampilan, olah raga, dan seni. (Depdiknas, 2003a, h. 1)
5. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan danpengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaiankompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan
berhasil di masa datang. (Depdiknas, 2003a, h. 1)
6. Dengan demikian, peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian,dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran … (Depdiknas,2003a, h. 1)
7. Penyempurnaan kurikulum tersebut mengacu pada Undang-Undang No.20 … tentang standar nasional pendidikan berkenaan dengan standar isi,proses, dan kompetensi lulusan. (Depdiknas, 2003a, h. 1)
B. Pengertian
1. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedomanpenyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuanpendidikan tertentu. (Depdiknas, 2003a, h. 1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar