PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencobakan hal-hal baru pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran.
Berdasarkan jumlah dan sifat perilaku para anggotanya, PTK dapat berbentuk individual dan kaloboratif, yang dapat disebut PTK individual dan PTK kaloboratif. Dalam PTK individual seorang guru melaksanakan PTK di kelasnya sendiri atau kelas orang lain, sedang dalam PTK kaloboratif beberapa orang guru secara sinergis melaksanakan PTK di kelas masing-masing dan diantara anggota melakukan kunjungan antar kelas. Sumber Klik Disini
berikut ini adalah hasil pengolahan data penelitian yang dilakukan oleh mahasiswi IAIN Ar-raniry banda Aceh ....
berikut ini adalah hasil pengolahan data penelitian yang dilakukan oleh mahasiswi IAIN Ar-raniry banda Aceh ....
BAB IV
HASIL PENELITIAN
A. Dekskripsi Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Banda Aceh tanggal 4 Oktober sampai 16 Oktober. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan menjumpai kepala sekolah untuk mendapatkan izin penelitian dan sekaligus wawancara untuk mendapatkan data tentang sekolah. Selanjutnya penulis menjumpai guru-guru bidang studi Kimia, khususnya guru yang mengajar di kelas II yaitu Ibu Rosniar S.Pd dan Bapak Djamaluddin Husita, S.Pd, M.Si untuk diwawancara.
MAN 3 Banda Aceh yang terletak di Jalan Lingkar Kampus IAIN Ar-Raniry Darussalam, desa Rukoh kecamatan Syiah Kuala, kota Banda Aceh.
1. Sarana dan Prasarana
Keadaan fisik sudah agak memadai, terutama ruang belajar, ruang kantor. Laboratorium dan lainnya, untuk lebih jelasnya mengenai sarana dan prasarana dapat dilihat pada tabel dibawah 4.1.
Tabel 4.1 Sarana dan Prasarana MAN 3 Banda Aceh
No. | Nama Ruangan | Jumlah |
1. | Ruangan Belajar | 14 |
2. | Ruang Kepala Sekolah | 1 |
3. | Ruang Dewan Guru | 1 |
4. | Ruang Perpustakaan | 1 |
5. | Ruang Tata Usaha | 1 |
6. | Laboratorium IPA | 1 |
7. | Lapangan Olah Raga | 2 |
8. | Laboratorium Komputer | 1 |
9. | Kamar Mandi/WC | 6 |
Jumlah | 26 |
Sumber : Dokumentasi MAN 3 Banda Aceh 2010.
2. Keadaan Siswa
Jumlah siswa dan siswi MAN 3 Banda Aceh berjumlah sebanyak 350 orang terdiri dari 180 orang laki-laki dan 170 orang perempuan. Jumlah siswa dan siswi MAN 3 secara rinci dapat dilihat pada Tabel 4.2.
Tabel 4.2 Distribusi Jumlah Siswa/i MAN 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2010
No. | Kelas | Ruangan | Laki-laki | Perempuan | Jumlah |
1. | X | 5 | 60 | 60 | 120 |
2. | XI | 5 | 58 | 66 | 124 |
3. | XII | 4 | 62 | 44 | 106 |
Jumlah | 14 | 180 | 170 | 350 |
Sumber: Dokumentasi MAN 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2010
3. Guru dan Karyawan
Pada tahun pelajaran 2010/2011 MAN 3 Banda Aceh dipimpin oleh Bapak Drs. Ihsan, M.Pd. Jumlah guru secara keseluruhan sebanyak 40 orang, dan pegawai tata usaha 6 orang, secara lebih rinci dapat dilihat pada Tabel 4.3
Tabel 4.3 Data guru dan karyawan di MAN 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2010
No. | Guru/karyawan | Jumlah |
1. | Guru Tetap | 35 |
2. | Guru Honor | 5 |
3. | Pegawai TU Tetap | 6 |
Jumlah | 46 |
Sumber: Tata usaha MAN 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2010
B. Deskripsi Hasil Penelitian
Sesuai dengan gagasan yang dikemukakan, maka peneliti mengembangkan rencana penelitian ini berupa prosedur kerja dalam penelitian tindakan yang dilaksanakan di dalam kelas. Tahapan penelitian tindakan kelas ini meliputi tiga siklus. Dalam suatu siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi.
1. Siklus I
1.1 Tahap Perencanaan
Pada tahap ini peneliti yang bertindak sebagai guru mempersiapkan hal-hal sebagai berikut:
a. Guru menyiapkan bahan ajar materi termokimia yang akan diberikan kepada siswa dengan menggunakan pendekatan STM.
b. Mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi termokimia
c. Mempersiapkan instrumen penelitian, yaitu lembar observasi siswa dan guru untuk mengamati kegiatan (proses) belajar mengajar dan respon siswa.