' Simply And Enjoy's : Bagaimana Memperpanjang Umur Flashdisk ?

INTERLINKPPOB.NET PELUANG USAHA LOKET PPOB GRATIS SPANDUK PPOB & STRUK PPOB

Rabu, 02 September 2009

Bagaimana Memperpanjang Umur Flashdisk ?

Terima kasih kepada mas Iqbal yang telah mempublikasikan artikelnya..maka untuk itu saya memintaa izin dari anda agar artikel anda diposting di blog saya..ok makasih ya mas ...

Tidak dipungkiri lagi bahwa flashdisk saat ini menjadi media yang paling sering digunakan untuk menyimpan data yang mudah dibawa kemana saja. Tetapi sedikit yang memperhatikan cara pemakaian yang benar atau perawatannya.

Terkadang saya menjumpai orang yang menggunakan flashdisk layaknya seperti harddisk. Begitu dicolokin ke komputer, si empunya flashdisk langsung membuka data yang ada dalam flashdisk, terus membaca, menulis, kemudian disimpan langsung. Ya mungkin juga karena memiliki ukuran kapasitas yang besar, tidak jarang pengguna memasukkan semua data kedalamnya.

Seperti komponen komputer yang lain flashdisk juga mempunyai masa hidup, daya tahan sebuah flashdisk bisa diketahui dengan melihat spesifikasi di buku manualnya, atau bisa dilihat dibalik kemasannya. Biasanya dinyatakan dengan 100.000 baca/tulis. Artinya semakin sering Anda mengolah data secara langsung dari flashdisk akan semakin mengurangi daya tahan hidupnya. Bisa juga dinyatakan dengan batasan waktu tertentu.

Sedikit tips buat Anda, jika Anda hendak mengerjakan dokumen yang tersimpan dalam flashdisk, copy dulu ke harddisk komputer baru mengerjakannya di komputer dan setelah selesai, copy kembali data tersebut ke dalam flashdisk. Dengan cara seperti ini, proses baca/tulis dapat dikurangi dan umur flashdisk juga akan lebih lama.

Tidak Terdeteksi Windows

Flashdisk hanya bisa aktif bila ada arus listrik yang berasal dari port USB komputer. Beberapa flashdisk memerlukan daya listrik yang lebih besar dari lainnya. Jika kekurangan arus, biasanya tidak akan terdeteksi oleh windows.

Nah kalau Anda menghadapi kondisi seperti ini, engga usah cemas dulu, solusinya sangat mudah, kalau Anda menggunakan kabel USB extension **bahasa kerennya cabangan USB**, lepaskan kabel tersebut, kemudian langsung tancapkan flashdisk ke port USB matherboard, dijamin flashdisk langsung terdeteksi.

Terkadang juga flashdisk tidak terbaca jika kabel yang digunakan terlalu panjang, so hindari juga menggunakan kabel yang terlalu panjang.

Transfer Lambat

Mungkin Anda bertanya-tanya, ketika mentransfer data dari flashdisk ke harddisk sangat cepat, tetapi sebaliknya ketika mentransfer data dari harddisk ke flashdisk sangat lambat. Ngga usah khawatir, karena memang umumnya transfer data seperti itu. Dalam hal ini harus dipahami semua itu berhubungan dengan kecepatan transfer yang dimiliki oleh masing-masing device. Kecepatan yang dimiliki oleh sebuah harddisk jelas lebih tinggi dibandingkan dengan flashdisk. Oleh karena itu wajar dong bila kecepatan transfer data dari flashdisk ke harddisk lebih cepat dibandingkan sebaliknya.

File System

File system yang sering digunakan adalah FAT atau FAT32, karena keduanya bisa diakses hampir disemua komputer yang mendukung USB port.

Tips Penggunaan

Jangan menyimpan file-file dalam jumlah banyak kedalam flashdisk, jika memungkinkan lebih baik di zip. Karena semakin banyak file tersimpan maka proses menulis flashdisk juga akan lebih banyak sehingga memperpendek usianya. Jika tidak begitu penting, hindari mengedit langsung dari flashdisk. Jika tidak digunakan, lepas flashdisk dari komputer. Usahakan juga selalu melepas flashdisk dari komputer melalui “Safely remove USB Mass Storage Device” dan hindari langsung melepas flashdisk ketika proses membaca/menulis, karena bisa rusak akibat arus listrik.

Tahukah Anda, dengan mencabut flashdisk secara aman, Anda dapat menghindari hilang/rusaknya data yang belum selesai di tulis di flashdisk. Mencabut flashdisk mendadak, bisa membuat data-data yang belum selesai di tulis dari memori ke flashdik rusak atau hilang.

Selain itu, dengan mencabut secara aman, Anda dapat memperpanjang umur flashdisk Anda karena proses baca/tulis antara flashdisk dan komputer diamankan dulu, dan konsleting (yang dapat merusak komponen flashdisk) dapat dicegah… So, terserah Anda mau pilih yang mana, langsung dicabut atau menggunakan cara yang aman…

Semoga bermanfaat…

Download Software PPOB Interlink 2014


Artikel Terkait or related articles:

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  
Posting Komentar